Kegalauan Anak Muda Terhadap UN (Ujian Nasional)

19 Apr

PoliticaWave – dilaksanakannya UN (Ujian Nasional) tingkat SMA pada hari Senin 15 April 2013 ternyata menjadi salah satu isu yang cukup banyak diperbincangkan oleh netizen. Bagi para netizen, terutama kalangan anak muda, UN sering dianggap menjadi salah satu momok karena UN menjadi salah satu syarat bagi para siswa SMA untuk lulus atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti masuk ke perguruan tinggi sehingga terkadang membuat mereka gelisah dan tegang.

 Untuk mengurangi rasa tegang tersebut, salah satu akun twitter yang bernama @MetroTipi. mencoba meringankan serta menghibur siswa-siswi yang akan melaksanakan UN dengan cara bermain olah kata. Akun @MetroTipi adalah sebuah akun pseudonim yang mencoba mempelsetkan salah satu kaun portal berita swasta. Dalam kegiatannya, akun tersebut berkutat dengan menampilkan berita-berita palsu yang cukup nyeleneh dan lucu.

Adapun permainan olah kata yang dilakukan oleh akun tersebut yaitu melalui hashtag/tagar berjudul #ReplaceSongTitleWithUN. Inti permainan ini adalah tweeps diajak untuk mengganti salah satu kata pada judul lagu dengan kata UN (Ujian Nasional). Ternyata permainan ini mendapatkan respon yang besar dari netizen di twitter. Dari hasil pemantauan PoliticaWave, lebih dari 5000 buzz yang isinya berkaitan dengan permainan #ReplaceSongTitleWithUN. Berikut ini adalah beberapa contoh tweet netizen mengenai permainan tersebut:

  Image

Dari hasil pemantauan, judul lagu yang dimainkan tidak hanya judul lagu dari dalam negeri, melainkan juga lagu-lagu dari musisi luar negeri. Namun apabila ditelusuri lebih detil, hampir sebagian besar judul lagu yang diplesetkan oleh netizen ini cenderung ke dalam kalimat yang negatif. Hal ini mengindikasikan bahwa UN terlihat sebagai suatu hal yang menakutkan bagi para siswa dan berharap agar UN sebaiknya tidak perlu diadakan. Tingginya partisipasi netizen terhadap permainan olah kata ini sempat membuat hashtag tersebut menjadi trending topic di Indonesia dan daerah lain seperti kota Manchester di Inggris. 

 Image

Selain permainan kata dari anak muda, ternyata masalah UN juga menjadi bahan yang diperbincangkan oleh para netizen dengan konteks yang cukup serius. Terkait dengan UN, banyak pihak yang juga masih menyayangkan bahwa UN menjadi faktor penentu kelulusan seorang siswa. Selain itu UN hanya akan menjadi beban bagi para siswanya karena mereka terpaksa harus menambah jam belajar mereka dengan mengikuti bimbingan belajar.

 
Image

Advertisements

2 Responses to “Kegalauan Anak Muda Terhadap UN (Ujian Nasional)”

  1. bobbiecakep May 3, 2013 at 11:07 pm #

    Andaikan Menteri Pendidikan Dahlan Iskan , tapi positif aja sama pak Nuh . saya tau pak nuh sudah berusaha .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: