Pemantauan Percakapan Pilkada Bali (21-26 Maret 2013)

28 Mar

PoliticaWave – Pasangan incumbent Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta menjadi pasangan yang paling banyak diperbincangkan di media sosial. Berdasarkan hasil pemantauan oleh PoliticaWave pada 21 Maret hingga 26 Maret 2013, ditemukan bahwa Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta memimpin di dua chart, yaitu share of awareness dan share of citizens. Pada share of awareness, pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta mendominasi percakapan dengan persentase sebesar 66%. Posisi kedua diisi oleh pasangan Puspayoga-Dewa Sukrawan dengan persentase sebesar 27% dan posisi terakhir diisi oleh I Gede Winasa-Putu Sudiartana dengan persentase sebesar 7%.

Image

Untuk chart share of citizen, hasilnya juga sama dengan chart share of awareness. Pada chart ini posisi pertama diisi oleh Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta yang mendominasi dengan persentase sebesar 66%. Posisi kedua kembali diisi oleh Puspayoga-Dewa Sukrawan dengan persentase sebesar 27%. Lalu posisi terakhir diisi oleh I Gede Winasa-Putu Sudiartana dengan persentase sebesar 7%.

Image

Seperti halnya pemantuan pada Pilkada sebelumnya, pasangan incumbent umumnya memimpin pada jumlah buzz di media sosial, namun berbanding terbalik dengan sentimennya. Hal inilah yang kembali ditemukan pada Pilkada Bali. Meskipun pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta memimpin pada dua chart sebelumnya, akan tetapi pada chart sentimen nama mendapatkan sentimen paling negatif dibandingkan pasangan kandidat lainnya.

Pada chart candidate electability, pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta berada di wilayah negatif dengan poin sebesar -15,06. Pasangan selanjutnya yang mendapatkan sentimen negatif adalah I Gede Winasa-Putu Sudiartana dengan poin sebesar -2,93. Sedangkan pasangan Puspayoga-Dewa Sukrawan menjadi satu-satunya pasangan yang mendapatkan sentimen positif dengan poin sebesar 17,99.

Image

Advertisements

One Response to “Pemantauan Percakapan Pilkada Bali (21-26 Maret 2013)”

  1. YU April 6, 2013 at 10:17 am #

    tetap PASTI – KERTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: