Respon Netizen Terhadap “Serangan Balik” Anas

4 Mar

PoliticaWave – Serangan balik Anas kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ternyata mendapat respon yang beragam di media sosial. Sebagaimana yang telah diketahui, beberapa waktu yang lalu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan Anas Urbaningrum menjadi salah satu tersangka yang terlibat dalam kasus proyek Hambalang.

Akibatnya, posisi Anas selaku Ketua Partai Demokrat menjadi terancam karena status tersangka tersebut. Hal ini juga dibuktikan dengan pernyataan SBY yang mengizinkan Anas untuk mundur dan konsentrasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut (Hambalang).

Atas pernyataan tersebut, Anas mencoba melakukan “serangan balik” dengan menyatakan bahwa ada keterlibatan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang juga merupakan anak SBY, yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dalam kasus Hambalang. Selain itu, Anas juga berencana untuk membeberkan adanya kecurangan yang dilakukan oleh SBY pada saat Pemilu 2009 serta keterkaitan Partai Demokrat pada kasus Century. 

Berdasarkan hasil pemantauan PoliticaWave, banyak netizen yang mendukung upaya Anas tersebut. Salah satu bentuk dukungan tersebut terlihat dari banyaknya netizen yang mempublikasikan tautan-tautan berita seperti sindiran Anas yang mengatakan bahwa Presiden tidak boleh mengeluh serta upaya Anas untuk membongkar kecurangan dan korupsi yang melibatkan politisi Partai Demokrat. Bentuk dukungan lainnya adalah dengan mneyatakan bahwa upaya Anas untuk mengungkap “kebobrokan” tersebut adalah hal yang benar dan patut didukung.

Dukungan selanjutnya adalah seperti opini yang menyatakan bahwa Anas difitnah oleh oknum-oknum yang secara sengaja membayar media untuk menjatuhkan image Anas. Bagi beberapa netizen, kasus yang dialami oleh Anas ini juga menyebabkan independensi KPK mulai dipertanyakan. Hal ini dikarenakan KPK seolah telah diintervensi oleh oknum-oknum tertentu. Contoh lainnya adalah seperti kasus yang dialami Luthfi Hasan Ishaaq.

Opini selanjutnya adalah yang menyatakan bahwa mundurnya Anas sebagai ketua umum Partai Demokrat adalah keputusan yang kurang tepat karena menyebabkan turunnya elektabilitas Partai Demokrat, padahal Anas adalah figur yang cocok dicalonkan sebagai Capres dari Partai Demokrat. Beberapa netizen juga merasa terkesima dengan pidato pengunduran diri Anas dan wawancara eksklusif dirinya di sebuah stasiun televisi swasta.

Meskipun terdapat dukungan, namun tindakan Anas tersebut juga mendapat respon negatif dari para netizen di media sosial. Sebagian besar netizen mempertanyakan sumpah Anas yang belum juga dilaksanakan, yaitu siap untuk digantung di KPK apabila dirinya terlibat kasus korupsi. Selain itu beberapa netizen juga ragu dengan pernyataan Anas yang ingin membongkar skandal Century dan mempertanyakan pengetahuannya mengenai kasus tersebut. Mereka berasumsi bahwa tindakan tersebut hanya gertakan saja.

Hal yang menarik dari kasus Anas vs Demokrat ini adalah ternyata isu ini dibicarakan juga oleh netizen yang merupakan pengamat politik dan figur-figur dari kalangan dunia hiburan. Dari hasil pemantauan PoliticaWave, beberapa contohnya adalah seperti Fadjroel Rahman, Christian Sugiono, Ibnu Jamil dan Soleh Solihun. Opini yang mereka keluarkan cukup beragam, dari yang mendukung upaya Anas dalam membongkar korupsi para elite Partai Demokrat karena dapat membuat rakyat senang serta membuat lelucon terkait mundurnya Anas dan prediksi Partai Demokrat di 2014 yang pasti bersih (dari pemilih).

Berdasarkan pemantauan PoliticaWave, polemik yang terjadi antara Anas dengan Demokrat membuat Partai Demokrat menjadi posisi pertama dalam share of awareness dengan persentase sebesar 48,5% dan share of citizens dengan persentase sebesar 38,1%. Untuk sentimen, masalah Anas dengan Partai Demokrat ini menyebabkan sentimen Partai Demokrat di mata netizen sangat negatif dengan poin sebesar -22,42.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: