Analisa Kandidat Pilkada Sumatera Utara (21-27 Februari 2013)

27 Feb

Politicawave – Percakapan mengenai kandidat Calon gubernur Sumatera cukup dinamis menjelang pemilihan pada 7 Maret 2013. Berdasarkan hasil pemantauan PoliticaWave selama seminggu (21-27 Februari 2013), pasangan Gus-Soekirman memimpin di seluruh chart. Pada chart share of awareness pasangan Gus-Soekirman mendapatkan persentase sebesar 35,4%. Posisi kedua diisi oleh Gatot-Erry dengan persentase 26,9%. Sedangkan untuk tempat ketiga diisi oleh Effendi-Djumiran dengan persentase 17.1%.

 Image

Hal yang sama juga terjadi pada chart share of citizens. Pasangan Gus-Soekirman berada di posisi pertama dengan persentase sebesar 35,1%. Untuk posisi kedua diisi oleh pasangan Gatot-Erry dengan persentase sebesar 23%. Dan posisi ketiga diisi Effendi-Djumiran yaitu sebesar 22%. Untuk posisi keempat dan kelima di kedua chart tersebut diisi oleh pasangan Amri-RE dan Chairuman-Fadly dengan masing-masing persentase sebesar 14% dan 6%.

Untuk sentimen, PoliticaWave melihat bahwa hanya ada dua pasangan yang mendapatkan sentimen yang positif dibandingkan pasangan kandidat lainnya. Adapun kedua pasangan tersebut adalah Gus-Soekirman dan Gatot-Erry. Untuk pasangan Gus-Soekirman, mereka mendapatkan sentimen positif dengan poin sebesar 18,14. Lalu pasangan Gatot-Erry mendapatkan sentimen dengan poin sebesar 3,05.

 Image

Sedangkan untuk pasangan lainnya mendapatkan respon yang tergolong netral dan negatif di mata netizen. Untuk pasangan yang cukup netral adalah Chairuman-Fadly dengan poin -1,21. Untuk pasangan Amri-RE mendapatkan poin sebesar -6,17. Pasangan Effendi-Djumiran menjadi pasangan dengan respon paling negatif dengan poin sebesar -13,81.

PoliticaWave menemukan hal yang menarik terkait dengan Pilkada Sumut di media sosial. Berdasarkan pengamatan PoliticaWave, terlihat bahwa popularitas partai politik pengusung tidak sepenuhya berbanding lurus dengan popularitas sang kandidat. Sebagai contoh adalah pasangan Effendi-Djumiran yang diusung PDIP. Berdasarkan chart sentimen, pasangan Effendi-Djumiran menjadi kandidat yang paling negatif di media sosial, padahal popularitas partai yang mengusungnya, yaitu PDIP, cukup positif di media sosial. Hal yang sama juga terjadi pada pasangan Gus-Soekirman. Meskipun popularitas partai pengusung mereka tidak begitu bagus, namun sentimen netizen terhadap Gus-Soekirman sangat positif.

Advertisements

One Response to “Analisa Kandidat Pilkada Sumatera Utara (21-27 Februari 2013)”

  1. lisdaniar siregar February 28, 2013 at 12:31 pm #

    ♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPPP(y) pasangan Gusman maju terus Smansa Delta Mendukung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: