Persaingan Kandidat Menajam Di Media Sosial

25 Feb

PoliticaWave – Terjadi persaingan percakapan yang sengit tentang kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di media sosial.

Pasangan kandidat Ahmad Heryaawan-Deddy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana, dan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki mendominasi pembicaraan di media sosial. PoliticaWave, lembaga pemantau percakapan di media sosial, dalam siaran pers kepada Bisnis, Minggu (24/2/2013), menilai ketiga pasangan kejar-mengejar di semua chart dengan selisih yang cukup tipis.

Pasangan Aher-Deddy unggul pada chart share of awareness, sebesar 35,9%. Untuk share of citizen, pasangan Dede-Lex memimpin chart tersebut, yakni 31,9%. Sementara, pasangan Rieke-Teten berada pada posisi ketiga untuk tiap chart dengan jumlah selisih yang tidak terlalu banyak.

Pada chart candidate electability, PoliticaWave melihat pasangan Aher-Deddy dan Dede-Lex masuk ke dalam kategori positif di media sosial. Pasangan Aher-Deddy memimpin dengan poin 8,08 dan Dede-Lex dengan poin 0,68. Adapun, pasangan Rieke-Teten tergolong negatif dengan poin sebesar -15,12.

Berdasarkan pengamatan PoliticaWave pada pemilihan kepada daerah yang lain, umumnya pasangan kandidat yang memenangkan pilkada adalah mereka yang memimpin semua chart. Mengacu dari analisa tersebut,

PoliticaWave menyimpulkan bahwa pasangan Aher-Deddy memenangkan pertarungan Pilkada Jawa Barat ini. Pasangan itu unggul di dua chart, yaitu share of awareness dan candidate electability, serta berada di posisi kedua di chart share of citizen. Berselisih tipis dengan Dede-Lex di chart share of citizen.

Terlihat bahwa upaya Rieke-Teten untuk membawa Joko Widodo sebagai juru kampanye ternyata mendulang respon negatif dan positif secara bersamaan dari kalangan netizen di media sosial. Respon negatif muncul karena Rieke-Teten dianggap menjiplak. Kian buruk lantaran pernyataan Rieke yang menjadi perbincangan netizen, bahwa dirinya tidak malu menjiplak Jokowi.

Di saat yang bersamaan, penjiplakan tersebut dianggap positif oleh sebagian netizen. Bagi beberapa netizen, tindakan itu bukan sesuatu yang negatif karena Rieke dan Jokowi sama-sama berasal dari PDI Perjuangan. Netizen berharap Rieke-Teten memiliki figur dan sikap serupa Jokowi. Hal ini dibuktikan dengan share of awareness dan citizen Rieke-Teten masuk ke dalam posisi tiga besar. (msb)

Share of Awareness
Aher – Deddy 35,9%
Rieke – Teten 29,9%
Dede – Lex 25,8%
Yance – Tatang 7,8%
Dikdik – Toyib 0,6%

Share of Citizen
Dede – Lex 31,9%
Aher – Deddy 28,4%
Rieke – Teten 29%
Yance – Tatang 9,7%
Dikdik – Toyib 1%

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: