Aher-Deddy Kuasai Jejaring Sosial

25 Feb

Politicawave – Dalam Pilkada Jawa Barat 2013, PoliticaWave memantau berbagai kanal media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube dan situs-situs berita nasional dan lokal. Ada jutaan percakapan yang masuk dan dianalisa oleh PoliticaWave untuk dijadikan informasi yang mudah dipahami masyarakat.

Menurut Direktur PolticaWave, Yose Rizal, berdasarkan analisa dari algoritma PoliticaWave untuk percakapan seputar Pilkada Jawa Barat di media sosial, ditemukan bahwa terjadi persaingan yang sengit antara pasangan kandidat Aher-Deddy, Dede-Lex, dan Rieke-Teten. Hal ini dikarenakan ketiga pasangan tersebut saling kejar-mengejar di semua chart dengan selisih yang cukup tipis.

“Pasangan Aher-Deddy unggul pada chart share of awareness. Pada chart share of awareness, Aher-Deddy memimpin dengan persentase sebesar 35,9%. Untuk share of citizen, pasangan Dede-Lex memimpin chart tersebut persentase sebesar 31,9%. Sedangkan pasangan Rieke-Teten berada pada posisi ketiga untuk tiap chart dengan jumlah selisih yang tidak terlalu banyak,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (24/2/2013).

Pada chart candidate electability, lanjut Rizal, PoliticaWave melihat bahwa pasangan Aher-Deddy dan Dede-Lex masuk ke dalam kategori positif di media sosial. Pasangan Aher-Deddy memimpin dengan poin sebesar 8,08 dan Dede-Lex dengan poin sebesar 0,68. Sedangkan untuk pasangan Rieke-Teten tergolong negatif dengan poin sebesar -15,12.

“Berdasarkan pengamatan PoliticaWave pada Pilkada yang lain, umumnya pasangan kandidat yang memenangkan Pilkada adalah mereka yang memimpin semua chart. Mengacu dari analisa tersebut, maka PoliticaWave menyimpulkan bahwa pasangan Aher-Deddy memenangkan pertarungan Pilkada Jawa Barat ini,” ungkap Rizal.

Menurutnya, kemenangan Aher-Deddy ini dikarenakan mereka terlihat memimpin pada semua chart. Meskipun hanya unggul pada dua chart, yaitu pada share of awareness dan chart candidate electability, namun pada chart share of citizen juga terhitung memimpin karena berada di posisi kedua dan selisih yang tipis dengan Dede-Lex.

sumber: http://news.liputan6.com/read/520702/politicawave-aher-deddy-kuasai-jejaring-sosial

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: