Analisis Calon Gubernur Sumatera Utara (7-14 Februari 2013)

15 Feb

Berdasarkan hasil pemantauan PoliticaWave pada 7-14 Februari 2012 ditemukan bahwa popularitas para Cagub dan Cawagub Sumatera Utara cukup sengit di media sosial. Dari data yang ditemukan, terlihat bahwa pasangan Gus-Soekirman menjadi pasangan yang paling banyak dibicarakan dibandingkan pasangan lainnya. Untuk sentimen netizen, pasangan Gatot-Erry memimpin dengan hasil yang cukup positif. Berikut ini adalah tampilan grafik pemantauan PoliticaWave mengenai para Cagub Sumatera Utara:

ImageImage

Dari grafik share of awareness dan citizen tersebut terlihat bahwa pasangan Gus-Soekirman, Amri-RE, dan Gatot-Erry menjadi tiga kandidat teratas yang paling banyak dibicarakan oleh para netizen. Pasangan Gus-Soekirman cukup tipis dalam memimpin share of awareness karena hanya berselisih sebanyak 32 poin saja dibandingkan Amri-RE. Meskipun Gus-Soekirman memimpin dari segi jumlah buzz, namun jumlah unique user-nya tidak sebanyak Amri-RE, yaitu sebanyak 830. Hal ini dapat dikatakan bahwa unique user yg Gus-Soekirman cukup intensif dalam membicarakan Gus-Soekirman. Hal yang sama juga terjadi pada Gatot-Erry yang mendapatkan jumlah buzz yang cukup tinggi meskipun jumlah unique user yang membicarakannya tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk sentimen netizen, pasangan Gatot-Erry memimpin jauh dibandingkan pasangan lainnya. Dari data di bawah dapat terlihat bahwa pasangan Gatot-Erry menjadi satu-satunya pasangan kandidat yang mendapatkan sentimen positif di media sosial dengan poin sebesar 37.72. Sedangkan untuk sentimen negatif, pasangan Gus-Soekirman menjadi pasangan yang paling negatif karena mendapatkan poin sebesar -16,56. Apabila dikaitkan dengan grafik share of awareness, tingginya buzz Gus-Soekirman ternyata diisi oleh opini-opini negatif netizen.

Kandidat

Sentimen Netizen

Amri-RE

-0,72

Gus-Soekirman

-16.56

Effendi-Djumiran

-5,24

Gatot-Erry

37,72

Chairuman-Fadly

-15,19

 

Advertisements

One Response to “Analisis Calon Gubernur Sumatera Utara (7-14 Februari 2013)”

  1. Juruan Sinaga March 3, 2013 at 2:13 pm #

    Amri-RE panutan terbaik utk kebesaran Sumut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: