Pemantauan Media Sosial vs Polling

14 Feb

Pendekatan dengan cara memantau media sosial adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menganalisis sebuah isu yang muncul di masyarakat, salah satunya adalah isu politik. Pendekatan seperti ini adalah suatu hal yang cukup lumrah dilakukan di negara maju. Salah satu contohnya adalah ketika upaya memantau media sosial digunakan dalam pemilihan yang terjadi di Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, pendekatan dengan memantau media sosial juga dilakukan oleh PoliticaWave. Dengan memantau beberapa aplikasi media sosial, PoliticaWave mencoba menampilkan dan menganalisis isu-isu politik yang sedang diperbincangkan oleh para netizen di Indonesia. Adapun beberapa aplikasi yang dipantau seperti facebook, twitter, blog, online news, online Forum, dan youtube. Pendekatan yang dilakukan oleh PoliticaWave ini tergolong baru karena umumnya metode yang dilakukan dalam menganalisis isu politik yang terdapat di dalam masyarakat adalah dengan menggunakan survei atau polling.

Dalam pelaksanaannya, pendekatan dengan memantau media sosial berbeda dengan polling, yang umumnya dilakukan oleh lembaga survei. Perbedaan tersebut antara lain seperti pada aspek kegiatan dan target khalayak. Untuk polling, kegiatan yang dilakukan dalam memahami isu di masyarakat adalah dengan framing masyarakat melalui pertanyaan agar mendapatkan jawaban yang diinginkan. Umumnya masyarakat yang dituju adalah yang dianggap layak sebagai pemilih. Sebaliknya, kegiatan yang dilakukan pada pendekatan media sosial adalah dengan memantau semua isu, opini, dan percakapan yang muncul di media sosial tanpa perlu diintervensi.

Dari segi akurasi, ketepatan hasil dari polling bergantung pada model statistik yang digunakan. Sedangkan akurasi dalam pendekatan dengan memantau media sosial bergantung pada jumlah data yang dipantau. Semakin banyak data yang diperoleh maka semakin signifikan hasil yang didapat. Untuk kecepatan dalam memperoleh hasil, pendekatan dengan polling cenderung lebih lama dibandingkan dengan memantau media sosial karena memerlukan waktu berhari-hari untuk mendapatkan kesimpulan dari polling tersebut. Sedangkan pemantauan media sosial cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa jam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: