Internet Sebagai Ruang Publik Baru

13 Feb

Perkembangan internet yang cukup pesat di dunia ternyata telah membuat internet menjadi sebuah ruang publik baru di dalam masyarakat. Ruang publik adalah area di mana masyarakat dapat berkumpul dan saling berdiskusi, dan melalui diskusi tersebut dapat memengaruhi atau menimbulkan suatu kegiatan politik.Nancy Fraser menyatakan bahwa ruang publik adalah sebuah panggung dalam masyarakat modern di mana partisipasiĀ  politik diperlihatkan melalui percakapan antara individu.

Adanya pernyataan bahwa internet adalah ruang publik baru adalah dikarenakan internet telah dianggap memenuhi kriteria munculnya ruang publik. Kriteria-kriteria mengenai syarat munculnya ruang publik ini dicetuskan oleh Jurgen Habermas. Melalui analisis historis, Habermas menyatakan bahwa terdapat tiga syarat munculnya ruang publik, yaitu: ketiadaan status, kepentingan bersama, dan inklusivitas.

Kriteria pertama, yaitu ketiadaan status, ditandai dengan tidak adanya pembatasan bagi individu yang ingin masuk dan berdiskusi di internet. Ketiadaan status di internet juga terlihat dari tidak adanya pembagian atau klasifikasi nasyarakat berdasarkan kelas sosial karena semua individu yang berada di dalam internet tergabung menjadi pengguna internet. Kriteria kedua, yaitu aspek kepentingan bersama, ditandai dengan banyaknya isu yang didiskusikan oleh masyarakat di dalam internet. Isu-isu yang dibahas pada diskusi yang terdapat di internet umumnya adalah berbagai masalah yang menyangkut kepentingan berbagai golongan masyarakat di dunia nyata. Sedangkan untuk kriteria ketiga, yaitu inklusivitas, kriteria ini terdapat dalam internet karena internet sangat inklusif dan terbuka bagi setiap orang. Dengan adanya penghilangan batasan di dalam internet menyebabkan jumlah masyarakat yang berdisuksi di dalam internet menjadi tidak terbatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: