Twitter, Pusat Komunikasi Pilkada Jawa Barat di Social Media

6 Feb

Ada 6 media digital, termasuk social media yang populer digunakan di Indonesia pada umumnya dan Jawa Barat pada khususnya, yaitu Facebook, Twitter, Blog, Online Forum, Online News dan Youtube. Dengan jumlah pengguna social media di Jawa Barat yang mencapai 10 juta orang, social media dapat menjadi media yang efektif dalam sosialiasi dan kampanye kemenangan kandidat dalam Pilkada Jawa Barat. Dengan karakteristik pengguna social media yang merupakan kelas menengah, terdidik dan didominasi oleh generasi muda, mereka memiliki daya pengaruh yang besar di lingkungannya. Apabila kandidat berhasil meyakinkan para pengguna social media, mereka akan menjadi relawan kandidat baik di social media, maupun di lingkungan sekitarnya.

Pada chart Media Trend di www.politicawave.com dapat kita lihat bahwa percakapan terbesar mengenai Pilkada Jawa Barat terjadi di Twitter, bahkan sangat mendominasi sampai di atas 90%. Facebook dengan jumlah pengguna yang lebih besar, jumlah percakapannya sangat kecil dibandingkan dengan percakapan di Twitter. Percakapan di Facebook sifatnya lebih personal di seputar kehidupan pribadi pengguna dan teman-temannya sehari-hari. Sementara percakapan di Twitter tidak hanya seputar kehidupan pribadi pengguna, tapi juga memperbincangkan banyak hal dari mulai ekonomi, budaya, sosial dan politik. Selain itu sifat Twitter yang lebih ringan untuk diakses di mobile memudahkan pengguna untuk selalu mengupdate statusnya.

 Image

Walaupun begitu para kandidat tidak boleh mengabaikan media lainnya dalam melakukan sosialisasi dan kampanye kemenangan di social media. Apabila kita bedah konten percakapan di Twitter dapat kita lihat bahwa banyak sumber percakapan yang berasal dari social media lainnya. Posting yang berasal dari berbagai social media saat ini kebanyakan akan dishare ke Twitter. Berbagai artikel di blog dan thread di forum pun saat ini dapat kita temukan penyebarannya di Twitter. Demikian juga dengan berbagai berita di media online pasti akan di sebarluaskan linknya melalui Twitter. Video di Youtube pun penyebaran dan promosi untuk menarik pengunjungnya lazim dilakukan melalui Twitter. Jadi saat ini Twitter menjadi sentral atau pusat komunikasi dari berbagai social media.

Percakapan tentang Pilkada Jabar pun menempatkan Twitter sebagai sentral komunikasi kandidat di social media. Setiap hari di linimasa Twitter percakapan tentang kandidat dipenuhi oleh share link artikel dari Online News. Demikian juga dengan posting blog, forum dan video dari Youtube tentang kandidat. Di Twitter berbagai artikel dan postingan tersebut dikasih komen dan dishare oleh netizen. Para kandidat dapat mengukur efektivitas dari konten social media mereka. Selain itu mereka juga dapat mengukur efektivitas media dalam mensosialisasikan berita tentang mereka. Semakin sering konten dari suatu media dishare di Twitter berarti semakin baik. Para kandidat dapat mengevaluasi dan terus melakukan perbaikan terhadap materi kampanye mereka di social media.

 

Penulis :

Yose Rizal

Founder PoliticaWave.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: