Review Social Media Pilkada Jawa Barat

6 Feb

Proses Pilkada Jawa Barat sudah berjalan selama 2 bulan sejak masa pendaftaran pasangan Cagub dan Cawagub. Dalam jangka waktu tersebut para kandidat dan tim suksesnya gencar melakukan sosialisasi dan kampanye di berbagai media, termasuk media sosial.

PoliticaWave telah melakukan pemantauan terhadap berbagai aktivitas para kandidat di media sosial dan mendapatkan beberapa temuan terhadap kinerja para kandidat di media sosial, yang dibagi dalam 5 Key Performace Index (KPI) di bawah ini :

 Image

  • Jumlah Percakapan

Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar (Aher-Deddy) dan Dede Yusuf-Lex Laksamana (Dede-Lex) merupakan pasangan kandidat yang mengalami peningkatan jumlah percakapan pada periode Desember 2012-Januari 2013. Peningkatan jumlah percakapan terbesar dialami pasangan Aher-Deddy sebesar 71,5%, sementara pasangan Dede-Lex mengalami peningkatan jumlah percakapan sebesar 6,7%. Sayangnya 3 pasangan lainnya justru mengalami penurunan jumlah percakapan, yang terbesar adalah pasangan Rieke Diah-Teten Masduki (Rieke-Teten) sebesar 19,1%, diikuti oleh pasangan Dikdik Mulyana-Cecep Toyib (Dikdik-Cecep) sebesar 17,73% dan Irianto Syafiuddin-Tatang Farhanul (Yance-Tatang) sebesar 4,2%. Percakapan terbesar pada periode ini berhasil diraih oleh pasangan Aher-Deddy sebesar 78.328 percakapan.

  • Jumlah Netizen

Pasangan Dikdik-Toyib mengalami peningkatan jumlah netizen yang melakukan percakapan sebesar 59,9% diikuti oleh Yance-Tatang sebesar 5,6%. Sementara 3 pasangan kandidat lain justru mengalami penurunan jumlah netizen yang melakukan percakapan. Penurunan netizen terbesar dialami oleh Rieke-Teten sebesar 45%, diikuti oleh Dede-Lex sebesar 25,2% dan Aher-Deddy sebesar 7,6%. Jumlah netizen terbesar pada periode ini diraih oleh pasangan Aher-Deddy sebesar 10.033 netizen.

  • Jangkauan Percakapan

Tidak ada pasangan kandidat yang mengalami peningkatan jangkauan percakapan pada periode Desember2012-Januari2013. Penurunan terbesar dialami oleh pasangan Dede-Lex sebesar 17%, diikuti oleh Yance-Tatang sebesar 16,1%, Aher-Deddy 11,8%, Dikdik-Toyib 1,6% dan Rieke-Teten 1,2%. Jangkauan percakapan terbesar pada periode ini diraih oleh pasangan Aher-Deddy yang berpotensi menjangkau 19.026.771 netizen.

  • Tingkat Interaksi

Pasangan Dikdik-Toyib mengalami peningkatan tingkat interaksi terbesar yaitu 45,29% diikuti oleh Yance-Tatang sebesar 3,56%. Sayangnya tiga pasangan kandidat lain justru mengalami penurunan, dengan penurunan terbesar dialami oleh Aher-Deddy sebesar 10,98%, diikuti oleh Dede-Lex sebesar 9,43% dan Rieke-Teten sebesar 8,57%. Tingkat interaksi terbesar pada periode ini diraih oleh Dikdik-Toyib sebesar 93,24%.

  • Indeks Sentimen

Pasangan Aher-Deddy mengalami peningkatan Indeks Sentimen rata-rata sebesar 16,56%, diikuti oleh Yance-Tatang sebesar 2,46% dan Rieke-Teten sebesar 1,31%. Pasangan Dede-Lex justru mengalami penurunan indeks sentimen sebesar 19% dan Dikdik-Toyib sebesar 0,73%. Indeks sentimen rata-rata terbesar pada periode ini diraih oleh Aher-Deddy sebesar 17,25%.

Dari review 5 KPI diatas dapat kita lihat bahwa banyak kandidat yang justru mengalami penurunan performa pada periode Desember2012-Januari2013. Dengan sisa waktu sekitar satu bulan lagi, para kandidat harus lebih mampu untuk mengoptimalkan media sosial. Jangan hanya saling Retweet di antara akun tim sukses, tapi yang terpenting adalah meningkatkan partisipasi masyarakat secara luas untuk melakukan percakapan positif tentang kandidat.

 

Penulis :

Yose Rizal

Founder PoliticaWave.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: