Peningkatan Partisipasi Aktif Masyarakat di Social Media

6 Feb

Semua kandidat Pilkada Jawa Barat dan tim suksesnya berusaha memanfaatkan dan mengoptimalkan social media sebagai salah satu media sosialisasi dan kampanye pemenangan. Setiap hari dapat kita lihat jumlah percakapan mengenai kandidat di social media. Secara umum percakapan ini dapat kita bagi menjadi 2 kategori, yaitu percakapan yang berasal dari kandidat atau tim sukses dan percakapan yang berasal dari masyarakat atau media lain.

Percakapan yang berasal dari kandidat dan tim suksesnya bertujuan untuk mensosialisasikan kandidat dan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif membantu kandidat di social media. Di situs http://www.politicawave.com akun-akun yang berasal dari tim sukses mendominasi daftar Most Active User atau daftar akun yang paling aktif melakukan percakapan tentang kandidat. Kelihatan bahwa semua tim sukses dari setiap kandidat berusaha seaktif mungkin mensosialisasikan kandidatnya di social media. Mereka berusaha menjadikan jumlah percakapan sebagai metrik keberhasilan utama kampanye di social media.

Para kandidat dan tim suksesnya harus memahami karakteristik social media yang berbeda dari media konvensional. Apabila beriklan di media konvensional, seperti TV, koran, radio dan bilboard, pola komunikasi yang terjadi adalah secara satu arah. Persepsi yang dibangun akan satu kandidat menjadi kenyataan bagi para masyarakat. Di social media, pola komunikasi yang terjadi bersifat dua arah. Kenyataan bagi para masyarakat bukanlah dari hasil persepsi yang dibagun oleh para kandidat dan tim suksesnya, tapi justru dari hasil percakapan tentang kandidat di antara netizen. Hal ini juga terjadi di dunia komersial, persepsi tentang brand bukan lagi berasal dari iklan brand tersebut, tetapi berasal dari rekomendasi dan berbagi pengalaman antara sesama konsumen. Artinya keberhasilan membangun persepsi positif kandidat dan mensosialisasikannya di social media bukan bergantung kepada keaktifan akun tim sukses semata, tetapi justru lebih penting untuk melibatkan masyarakat dalam melakukan percakapan positif tentang kandidat. Kita akan lebih percaya rekomendasi dari teman atau kenalan, daripada rekomendasi dari tim sukses.

Dari hasil analisa akun yang melakukan percakapan tentang kandidat, PoliticaWave mengelompokkan akun-akun tersebut berdasar jumlah followernya. Akun-akun baru bentukan tim sukses biasanya memiliki jumlah follower yang sangat kecil dan memiliki kesamaan follower, sehingga percakapannya kurang menyebar atau viral. Para kandidat dan tim sukses harus berusaha menarik perhatian dan rekomendasi dari akun-akun dengan jumlah follower besar. Dari tabel di bawah ini dapat kita lihat bahwa masih terdapat banyak akun dengan jumlah follower kecil, dibawah 50. Akun-akun ini kebanyakan merupakan akun khusus yang dibikin untuk Pilkada Jabar dan sangat aktif melakukan tweet tentang kandidat. Padahal jumlah akun yang terdeteksi normal, dengan jumlah follower minimal di atas 100 cukup besar, lebih dari 70% dari total netizen yang melakukan percakapan. Seharusnya para kandidat dan tim sukses dapat mengidentifikasi akun-akun ini, berkomunikasi dan melibatkan mereka secara aktif.

 Image

Para kandidat dan tim suksesnya harus dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam kampanye social media. Jauh lebih efektif dibicarakan oleh 10 akun dengan jumlah follower masing-masing diatas 1000 daripada dibicarakan oleh 1000 akun dengan jumlah follower dibawah 10 orang. Akun dengan jumlah follower besar memiliki kredibilitas dam amplifikasi yang jauh lebih baik. Satu tweet/status/posting dari mereka bisa mempengaruhi puluhan bahkan ratusan suara teman maupun followernya di social media.  Salah satu parameter keberhasilan kampanye kandidat di social media adalah ketika daftar Most Active User di http://www.politicawave.com tidak didominasi oleh akun-akun tim sukses, tapi berisi akun-akun masyarakat atau relawan. Ini menjadi indikator bahwa banyak masyarakat yang suka pada kandidat dan bersedia membantu mesosialisasikan dan merekomendasikan di social media.

 

Penulis :

Yose Rizal

Founder PoliticaWave.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: