Optimalisasi Akun Calon Gubernur Pilgub Jawa Barat

6 Feb

Para Calon Gubernur Jawa Barat telah memiliki akun twitter untuk berkomunikasi dan melakukan sosialisasi dengan konstituen. Beberapa kandidat bahkan telah memiliki akun twitter tersebut sejak lama. Dalam masa kampanye Pilkada Jabar peran akun Twitter akan semakin meningkat seiring dengan sosialisasi dan kampanye yang dilakukan oleh Cagub. Masyarakat pun banyak yang memanfaatkan twitter untuk lebih mengenal calon gubernur pilihannya.

Ada beberapa metrik untuk mengetahui optimalisasi penggunaan twitter oleh para calon gubernur, yaitu jumlah follower/pengikut, jumlah status/tweet serta jumlah interaksi dalam bentuk reply, retweet dan mention. PoliticaWave.com telah memonitor akun para kandidat sejak pendaftaran pada 10 November 2012- 6 Jamuari 2013 seperti dilihat pada tabel di bawah ini :

Image

  • Jumlah Pengikut/Follower

Calon Gubernur dengan jumlah pengikut terbanyak saat ini adalah Irianto ‘Yance’ MS Syafiuddin dengan akun @yance_irianto yang memiliki 125.202 pengikut, disusul Dede Yusuf (@dedeyusuf_1) dengan 101.561 pengikut, Ahmad Heryawan (@aheryawan) dengan 60.123 pengikut, Rieke Diah Pitaloka (@rieke_diah) dengan 15.408 pengikut dan cagub independen Dikdik Mulyana (@dikdik_mulyana) memiliki jumlah pengikut yang paling sedikit, hanya 63 orang. Setelah melakukan pendaftaran ada 4 cagub yang mengalami peningkatan pengikut dan 1 kandidat justru jumlah pengikutnya berkurang. Kandidat dengan penambahan pengikut terbesar adalah @aheryawan dengan peningkatan 8.050 pengikut, diikuti oleh @dedeyusuf_1 dengan 7.292 pengikut, @rieke_diah dengan 4.110 pengikut dan @dikdik_mulyana dengan 48 pengikut. Sementara @yance_irianto justru mengalami penurunan jumlah pengikut sebesar 587 sejak 10 November 2012.

  • Jumlah Status/Tweet

Pada periode 10 November 2012-6 Januari 2013 akun cagub yang paling sering menyapa konstituen adalah @yance_irianto dengan 800 tweet, disusul oleh @dedeyusuf_1 dengan 539 tweet, @aheryawan 467 tweet, @rieke_diah 143 tweet dan @dikdik_mulyana 6 tweet. Biasanya isi tweet dari akun para cagub adalah menyapa dan mensosialisasikan kegiatannya, serta sesekali mensosialisasikan visi dan misinya.

  • Jumlah Interaksi

Kandidat yang paling sering disapa (Mention) oleh pengikutnya adalah @aheryawan sebanyak 159.226, disusul oleh @yance_irianto 19.316, @dedeyusuf_1  17.163, @rieke_diah 12.771 dan @dikdik_mulyana 190 kali. Jumlah mention menunjukan tingkat ketertarikan dan keinginan untuk berinteraksi dari konstituen terhadap suatu cagub.  Jumlah netizen yang meretweet akun cagub menunjukkan bahwa isi tweet menarik untuk disebarluaskan. Cagub yang paling banyak di retweet adalah @aheryawan sebanyak 14.026 kali, disusul oleh @yance_irianto sebanyak 2.928, @dedeyusuf_1 sebanyak 2.721, @rieke_diah 1.273 dan @dikdik_mulyana sebanyak 4 kali. Sementara jumlah Reply menunjukkan tingkat respon dari cagub terhadapa pertanyaan atau komentar followernya. Cagub dengan jumlah Reply paling banyak adalah @aheryawan sebanyak 397 kali, disusul oleh @dedeyusuf_1 sebanyak 378 kali, @yance_irianto sebanyak 122 kali, @rieke_diah 60 kali dan @dikdik_mulyana sebanyak 1 kali.

Konstituen di social media adalah kalangan terdidik, mereka akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum menentukan gubernur pilihannya. Para cagub harus mengoptimalkan akun twitter di social media untuk mensosialisasikan dirinya. Akun twitter cagub merupakan media dari cagub tersebut, dimana follower/pengikut merupakan pemirsanya. Semakin banyak follower berarti semakin banyak pemirsa yang dapat menerima informasi dari cagub. Seperti layaknya media, para cagub juga dituntut untuk mengeluarkan berita/tweet yang menarik, sehingga akan disebarkan lagi oleh followernya. Dan keunggulan dari social media adalah disini para cagub dapat berinteraksi langsung dengan konstituennya.

 

Penulis :

Yose Rizal

Founder PoliticaWave.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: