Harapan Netizen terhadap Kandidat Pilgub Jawa Barat

6 Feb

Selama musim kampanye setiap kandidat pasti akan mengeluarkan berbagai program yang akan mereka laksanakan setelah terpilih. Program-program ini juga secara aktif disosialisasikan melalui social media. Melalui kemajuan teknologi social media kita juga dapat mengawasi secara terus menerus realisasi program kandidat yang terpilih, karena semua percakapan di social media dapat direkam dan disimpan.

Selain untuk menyebarkan berbagai program, para kandidat juga dapat memanfaatkan social media untuk menangkap aspirasi dan keinginan dari masyarakat. Para kandidat dapat mendengarkan kebutuhan masyarakat, dengan memantau percakapan mereka di social media. Program-program yang mereka sampaikan pun akan lebih mudah diterima karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Situs PoliticaWave.com telah mendengarkan percakapan masyarakat seputar Pilkada Jawa Barat dan kebutuhan serta harapan mereka. Dari hasil pemantauan terhadap percakapan tersebut dikelompokkan menjadi 10 kategori, yaitu : korupsi, seni budaya, lingkungan hidup, pelayanan publik, keamanan, banjir, transportasi, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Image 

Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa dari percakapan netizen terlihat bahwa topik tentang Transportasi merupakan topik yang paling banyak dibicarakan oleh netizen, sebesar 20%. Mereka berharap akan Jawa Barat yang tidak macet, memiliki transportasi massal yang baik serta memiliki infrastruktur jalan tol, bandara dan pelabuhan yang representatif. Topik kedua yang paling banyak dipercakapkan adalah harapan masyarakat bahwa para pemimpin di Jawa Barat adalah pemimpin yang amanah dan bebas dari korupsi. Topik ketiga adalah tentang banjir yang banyak terjadi di berbagai daerah di Jawa Barat saat ini. Netizen mengharapkan pemimpin yang tanggap terhadap korban banjir dan bisa memberikan solusi untuk mengatasi bencana banjir yang selalu terjadi pada musim hujan.

Topik berikutnya yang hangat dibicarakan oleh netizen adalah tentang Ekonomi. Harapan akan pemimpin yang bisa memajukan perekonomian, meningkatkan investasi, mendukung sektor UKM, melindungi pasar tradisional serta meningkatkan kewirausahaan di Jawa Barat. Sementara harapan netizen tentang Tenaga Kerja adalah penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran, peningkatan UMR serta perlindungan terhadap TKI yang banyak berasal dari Jawa Barat. Diluar 5 topik tadi, netizen juga memiliki harapan calon pemimpin di Jawa Barat kelak juga menaruh perhatian pada sektor Seni dan Budaya, Keamanan, Pendidikan, Pelayanan Publik, Lingkungan dan Kesehatan.

Dengan mendengarkan dan memahami keinginan serta kebutuhan netizen, para kandidat dapat mengeluarkan program-program kegiatan yang sesuai dan solutif. Sehingga masyarakat dapat diyakinkan untuk memilih karena merasa diperhatikan. Sebagai seorang pemimpin, biasakan untuk selalu mendengar suara masyarakat dan mengeluarkan kebijakan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

 

Penulis :

Yose Rizal

Founder PoliticaWave.com

Advertisements

One Response to “Harapan Netizen terhadap Kandidat Pilgub Jawa Barat”

  1. rully May 4, 2016 at 6:12 am #

    ini data tahun berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: