Atasi Kebakaran dengan “Pawang Geni”

24 Aug

PoliticaWave.Com “Pawang Geni”merupakan alat pemadam kebakaran manual buatan Sri Utomo, dari Kampung Sudiroprajan, RT 1/ RW 8, Jebres, Solo.

Pemadam kebakaran manual ini terdiri dari tong berkapasitas 200 liter yang diletakan diatas besi beroda, dilengkapi pompa, selang sepanjang kurang lebih 10 meter, dan alat penyemprot seperti milik mobil pemadam kebakaran.

Dengan lebar 80 cm dan tinggi 1,5m, alat tersebut dirasakan cocok untuk mengatasi kebakaran di kampung padat penduduk yang memilki gang atau jalan masuk sempit seperti Jakarta.

Fleksibilitas “Pawang Geni” ternyata menarik perhatian salan satu kandidat DKI1, yang juga masih menjabat sebagai Walikota Solo, Joko Widodo. Pada kamis (23/08) yang lalu, Pak Jokowi mendatangi Sri Utomo untuk melihat kemungkinan alat tersebut digunakan di Jakarta, mengingat setiap daerah memiliki karakter masing-masing.

Pembuatan alat ‘pawang geni’ ini terinpirasi oleh permainan masa kecil si pembuatnya, dan kurang lebih 4 tahun yang lalu, alat tersebut sudah dirakit dan digunakan warga untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran di kampung karena tidak memakan biaya mahal untuk perawatan dan dapat digunakan semua orang. (pw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: