Lagi-lagi Isu SARA pada Pemilukada DKI1

30 Jul

PoliticaWave.Com – Kampanye oleh para tokoh agama dengan menggunakan atau menonjolkan isu SARA pada pemilukada DKI1 telah dinyatakan dilarang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Apalagi sebetulnya penggunaan isu SARA dan simbol-simbol agama tertentu pada kampanye pemilukada DKI1 merupakan pelanggaran dari UU Pemilu. Namun pelarangan tersebut rasanya hanyalah tinggal didalam dokumen Undang-undang saja. Karena toh masih ada saja tokoh agama yang menyentil soal SARA, terutama berkaitan dengan pemilukada DKI1.

Seperti yang dilakukan oleh Haji Rhoma Irama dalam ceramah shalat tarawihnya yang memperbolehkan isu SARA pada pemilukada DKI1. Hal tersebut justru memperburuk citra tokoh agama yang juga artis penyanyi dangdut tersebut. Setelah citranya sempat tercoreng beberapa tahun yang lalu ketika pernikahan siri-nya dengan penyanyi dangdut muda Angel Elga terkuak, maka kali ini citra raja dangdut tersebut juga dipertaruhkan dengan ucapannnya pada ceramah shalat tarawih minggu (29/7/2012) lalu.

Jakarta, merupakan kota yang heterogen dengan penduduknya yang terdiri dari berbagai agama, etnis dan kelas sosial. Meskipun penduduk lokal Jakarta, yaitu suku Betawi merupakan suku yang 90% beragama Islam, namun ketika bicara soal Jakarta, isu SARA menjadi tidak relevan. Terutama mengingat Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia yang berprinsip pada Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan adanya ucapan, komentar atau lontaran tokoh agama yang menyinggung SARA, terutama dalam pemilukada DKI1, maka akan menjadi ‘peringatan’ bagi para penduduk yang beragama dan beretnis lain untuk tidak memilih pada pemilukada DKI1 (golput) atau berpaling pada kandidat DKI1 lainnya yang tidak menyinggung isu SARA.

Hal tersebut seharusnya diperhatikan oleh tim sukses atau kampanye masing-masing kandidat DKI1. Bahwa isu SARA sudah dianggap isu yang tidak ‘ketinggalan jaman’ bagi pemilukada DKI1 di daerah yang heterogen dan mendukung penuh kebhinekaan tunggal ika. (pw/diyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: