Isu SARA dalam Pemilukada Kandidat DKI1 kembali Merebak

27 Jul

PoliticaWave.Com – Adanya isu SARA yang merebak pada pemilukada kandidat DKI1, terutama di picu oleh pernyataan tokoh agama tertentu, maka pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI menegaskan bahwa tokoh agama tak boleh menghasut para jamaahnya untuk memilih pasangan calon tertentu saat memberikan khotbah di rumah ibadah.

Berdasarkan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 78 huruf (i), ditegaskan bahwa dilarang kampanye menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Kemudian dalam pasal 116 ayat 3, setiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan larangan pelaksanaan kampanye pemilukada, diancam pidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan. Juga dikenakan denda paling sedikit Rp 100 ribu hingga paling banyak Rp 1 juta.

Namun, isu yang menyenggol SARA ternyata justru di lontarkan oleh pasangan kandidat DKI1. Diberitakan tribunnews, pada buka puasa anggota Bamus Betawi di sebuah hotel di Jakarta Kamis (26/7), Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang juga cawagub kandidat DKI1,  Nachrowi Ramli menyatakan hanya orang Betawi-lah yang tahu dan dapat mengangkat harkat dan martabat warga Betawi. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya, warga Betawi mendukung orang Betawi sendiri untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan cawagub yang biasa di panggil Bang Nara tersebut menyatakan, “Saya ingin, kalau bisa, sampai kiamat orang Betawi yang jadi Gubernur DKI Jakarta.”

Nachrowi Ramli yang juga calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta 2012–2017 mendampingi Cagub Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan warga Betawi harus bersatupadu menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran dua mendatang.(pw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: