Isu SARA pada Pemilukada Kandidat DKI1

26 Jul

PoliticaWave.Com – Salah satu isu yang juga cukup mendominasi pada pemilukada kandidat DKI1 yaitu isu SARA (Suku, Agama dan Ras). Seperti diketahui oleh warga Jakarta dan Indonesia, salah satu kandidat DKI1, yaitu calon wakil gubernur (cawagub) beragama non-Islam, dan bersuku Tionghoa, suku yang sering dituding bukan asli Indonesia.

Cawagub tersebut, Basuki atau sering dipanggil Ahok, merupakan mantan bupati Belitung dan anggota DPR yang ikut mencalonkan diri bersama Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi, sebagai kandidat DKI1 pada periode 2012 – 2016. Apabila Jokowi terpilih sebagai DKI1, maka Ahok akan menjadi wagub non-Islam pertama di DKI Jakarta.

Adanya kandidat cawagub DKI1 yang non-Islam dan bukan bersuku Betawi, yang merupakan suku asli Jakarta, ternyata menjadi hal yang diangkat dalam kampanye pemilukada kandidat DKI1, terutama dalam upaya menjauhkan pemilih yang beragama Islam untuk tidak memilih cagub dan cawagub yang tidak sesuai dengan agama si pemilih.

Isu SARA seharusnya tidak digunakan tim sukses kandidat DKI1 manapun untuk menjaring suara dari warga DKI Jakarta, mengingat Indonesia merupakan negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Negara dengan basis Pancasila dan UUD 1945 yang mengakui dan menghormati perbedaan SARA.(pw/diyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: