Ketiadaan Perempuan dalam Kandidat DKI1

18 Jul

PoliticaWave.Com – Salah satu isu yang menjadi kurang dibicarakan berkait dengan pemilihan kandidat DKI1 yaitu isu gender. Isu gender ini terkait dengan tidak adanya perempuan pada calon gubernur DKI Jakarta.

Isu ini penting karena sehubungan dengan upaya Indonesia untuk mencapai tujuan program MDGs (Millenium Development Goals) yang salah satunya adalah kesetaraan dan keadilan gender.

Salah satu bukti nyata dari kesetaraan dan keadilan gender yaitu dengan adanya partisipasi perempuan dalam bidang politik dan kebijakan publik seperti melalui pencalonan pemilihan kandidat kepala daerah dan badan ekesekutif, legislatif dan yudikatif.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, dikabarkan kecewa karena ketiadaan calon gubernur dan calon wakil gubernur perempuan pada pemilihan umum daerah (Pilkada) DKI Jakarta Juli ini.

Namun ibu Linda mengakui bahwa bukanlah hal yang mudah menghadirkan calon perempuan pada Pilkada DKI1.  Karena itu pelaksanaan Pilkada DKI agar dapat menjadi catatan tersendiri bagi para pimpinan partai khususnya karena tidak ada partisipasi perempuan pada cagub dan cawagub.

Sebelum uji kelayakan bakal calon (balon) pemilihan kandidat DKI1, wakil perempuan pernah mencoba untuk masuk dalam bursa balon kandidat DKI1, yaitu Wanda Hamidah. Namun rupanya langkah perempuan ini tidak berlanjut.

Meskipun demikian, hal tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi dan dukungan bagi perempuan yang memiliki kualitas kepemimpinan untuk bersedia mencalonkan diri dalam kandidat DKI1 empat tahun mendatang. (pw/diyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: